Pickpocket's Scheme ??

Monday 25 August 2008

Kehidupan di Jakarta itu emg susah. Udah panas, macet, polusi, (nggak kok, nggak gue lanjutin pake becyek n gk ad ojyek..), ya gitu deh... Dan lagi, masih banyak para penodong atau pencopet yg berkeliaran di ibukota kita ini.. Nah, post gue kali ini pgn nyeritain pengalaman gue setelah lolos dua kali dari kasus pencopetan atau semacamnya...

Pengalaman #1
Waktu itu hari minggu, gue abis ikut acara ESQ yg diselenggarain sekolah gue.. Sebenernya pulangnya sih jam 12an gitu, tapi gara2 gue bikin kartu alumni ESQ segala, akhirnya gue baru pulang jam 3an gitu. Saat itu gue pulang bareng temen gue, si Kaen. Nah, dari tempat acara, kita naek angkot tuh ampe pasar minggu, trus turun di situ, baru nyambung pake angkot laen. Kejadiannya di angkot kedua gue ini. Awalnya gue duduk sebelahan ama si Kaen, tapi krn gue ngerasa panas (Jakarta emang..), gue pindah ke pojok belakang angkot di kursi 6 (buat yg gk tau kursi 6, di angkot tuh ada 4 macem kursi, kursi samping supir, kursi 6 yang berarti muat enam orang, kursi 4, sama kursi di pintu..). Nah, tiba-tiba masuk lah beberapa orang lainnya, sampe tuh angkot penuh. Jadi posisinya, gue di pojok belakang kursi 6 dan si Kaen di pojok depan kursi 6(belakang supir).
Pas tuh angkot mulai jalan, orang yang ada di depan gue tiba-tiba ngasihin selebaran gitu ke penumpang di bagian belakang angkot. Gue baca "Pijat Refleksi" JGEEERR !! I know these things !! Kaen pernah cerita ke gue klo dia pernah kecopetan di angkot dengan modus yang kyk gini.. Katanya awalnya dikasih selebaran, lama-lama lu dipijet2 sampe hape lu ilang. Dan gue baru inget klo gue lagi make baju bebas, which means hape gue gue taro di kantong celana gue. Wew, hal yang pertama kali gue lakukan setelah baca selebaran itu adalah ngeliat ke arah Kaen (dengan harapan semoga dia ngebantu kondisi gue gitu..). Eh sialnya, dia ngeliat ke arah depan mulu, jah, brarti dia kgk dpt tuh selebaran.. Udah gitu, gue panik kan, jadi gue lipet aja tuh selebaran dengan muka sok tenang.. Eeeh, si tukang pijetnya ngomong ke gue gini,
"Dek, jangan dilipet dek, klo nggak mau dibaca balikin aja. Klo mau diambil bayar dulu ke saya, nanti silahkan deh adek sebarin ke orang laen juga."
Beuh, bayar ? Gile aja gue mau bayar buat dicopet !! Gue balikin aja tuh selebaran ke si tukang pijet. Eh abis itu dia mulai mijet2 orang yg duduk di sebelah gue. Damn. Gue yakin yg duduk di sebelah gue itu salah satu 'komplotannya' !! Dan nggak slese gitu aja, si tukang pijet mulai mijet2 paha gue. DING DONG, oke, slese, panik gue. Gue noleh lagi ke si Kaen (dan sekali lagi berharap dia ngerti kondisi gue di belakang..), eh dia tetep aja ngeliat ke depan mulu.. Excellent. Tanpa basa-basi, langsung aja gue ketok tuh atep angkot, minta stop. Trus si Kaen mukanya agak bingung gitu ngeliat gue ngetok minta turun, tapi gue kasih dia kode supaya dia ikut turun juga. Gue sempet takut klo si supir juga komplotannya dan angkot gak diberhentiin. Muke gile. Tapi ternyata angkotnya mulai menepi. Nah, dalam kondisi angkot yang agak menepi (masih jalan) itu, gue mulai berdiri buat keluar, eh tiba-tiba gue agak kesandung dan agak jatoh gitu. Eh si tukang pijet marah2 ke gue,
"Bego kamu, tolol, goblok, nggak liat2 apa ??!!"
Buzzzzz, gue tau kok lo nyesel target lo kabur, iya kan ? Dasar sial ! Dan akhirnya gue turun juga dari angkot nista itu. Pas si Kaen nanya kenapa kita turun, gue ceritain deh, dan dia ketawa. Sial. Yang penting, gue lolos deh dari modus yg satu itu, hwehwe, untung Kaen pernah kecopetan, jadi gue udh tau dluan deh modusnya, hehehe, peace bro !! ^.^

Pengalaman #2
Yang ini, gue cuma sendirian. Hari itu hari sabtu klo nggak salah, gue pulang sekitar jam 11an abis ada ekskul. Seperti biasa, gue naek angkot dari kolong (kolong is somewhere where you can see train pass etc etc..what ??!!), ya pokoknya itu lah, soalnya gue udh trauma klo naek dari pasar minggu. Di angkot, seperti biasa, gue masang headset dan dengerin musik dari hape gue, dalam kondisi hape ada di kantong dalem jaket gue (krn gue slalu ngerasa aman klo make jaket dan naro hape disitu). Kondisi angkot lagi penuh, gue duduk di kursi 6 di posisi depan pintu angkot. Trus, orang di sbelah kiri gue tiba2 nyuruh gue maju-an gitu duduknya, katanya sih dia mau nyari uang recehnya yang jatoh di belakang kursi gue. Tapi lama-lama, kok agak aneh, soalnya orang itu kyk maksa bgt nyuruh gue maju nya, trus lama banget nyari recehnya. Akhirnya gue ngomong ke dia,
"Mas, saya aja deh yang nyariin recehnya.."
Dan gue ambilin deh tuh receh, slese kan. Eh tiba-tiba orang itu nyuruh gue maju lagi, katanya kunci nya juga jatoh bareng recehnya, yaudah kali ini gue biarin aja dia nyari kuncinya ntuh. Eh, tiba-tiba lagu yang gue lg denger di headset gue keputus, dan malah jadi loudspeaker (dan kedengeran ama orang seangkot..) which means, headset gue kecopot dari hape gue. Kok bisa ya ? Gue liat ke depan gue, orang yg duduk disitu bawa tas kerja gitu di pangkuannya. Otak gue langsung melakukan analisis (alah..). Berarti, dengan gue disuruh maju-an (gara2 org di sbelah gue mau ngambil receh), si mas yg bawa tas kerja itu bisa dengan mudah memasukkan tangannya ke saku dalam jaket gue, tanpa ketauan, karena ditutupi olh tas kerja dia. Damn. Jadi itu kenapa headset gue keputus ? Oke, akhirnya gue pindah ke kursi di pintu, bukan kursi 6 lagi, biar org yg "nyari kuncinya itu" nggak bisa nyuruh gue maju-an lagi.
Akhirnya org yg nyari receh itu turun dari angkot. Tapi gue mikir, biasanya komplotan copet tuh ada 3 org minimal. Berarti, dengan 1 org turun, 1 org yg pake tas kerja, masih ada 1 komplotan lagi. Bener aja, ada seseorang yang pas pengen turun, eh jatoh gitu di depan gue (yang membuat gue harus ngebantuin dia). Saat itu juga, headset gue copot lagi. Damn. Berarti org yg jatoh itu slh satu komplotannya. Udah gitu, gue kira yg jatoh itu mau turun, eh nggak, dia netep gitu aja dalam posisi "sok jatoh"nya itu. Lebay abis. Well, gue udh capek nyaris kecopet, jadi gue pindah duduk ke depan, kursi sebelah supir. Wew, buat para copet, lain kali liat2 napa, targetnya lagi dngerin musik pake hape apa nggak !! Berarti gue udh lolos buat yg kedua kalinya, makasih ya Allah, engkau masih melindungiku, hehe...

Gitu deh, gue selamat 2 kali dari trik2 para pencopet. Nah, karena gue udh kasih tau kyk gini, jadi, buat lo yg lg diangkot, jgn pernah merasa aman, curigain aja sekeliling lo, bahkan kadang2, ibu-ibu yg bawa2 anak aja bisa jadi salah satu komplotan lho. Selain pura-pura mijit, pura-pura nyari duit jatoh sama pura-pura jatoh, masih banyak modus operandi laennya, kayak pura-pura muntah, pura-pura ayan, pura-pura pingsan, pura-pura brojol, pura-pura brojol kembar, pura-pura tidak tahu dan pura-pura yang lainnya. Mendingan lo pulang bareng2 sama tmen2 lo, jadi copetnya takut, hehe... Oke deh, gitu aja, semoga membantu, jgn lupa comment yah !

2 comments:

JokoVista said...

Assalamualaikum
subhanallah za.Allah selalu menolong dan melindungi hamba2-Nya. beryukurlah karena masih dilindungi Allah. Semoa kamu terhindar dari hal2 yang demikian.amien

JokoVista said...

Assalamualaikum